Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan



Masuknya IPhone 3G di Indonesia tidak akan lama lagi, diperkirakan bulan maret nanti setelah kesepakatan antara Telkomsel dan Apple Inc rampung. Padahal ketika dirilis, disebutkan hingga akhir 2008 apple tidak memasukkan Indonesia dalam daftar negara yang akan menikmati IPhone 3G. Namun tiba-tiba di awal tahun 2009 ini IPhone 3G bakal masuk pasar Indonesia.

Di Indonesia, IPhone 3G di jual melalui program bundle dari Telkomsel seperti di negara-negara lain. Ini terjadi entah datang dari inisatif Apple atau rayuan dan lobi telkomsel untuk membawa IPhone 3G ke indonesia. Kenyataannya tidak lama lagi salah satu produk Apple itu akan hadir di negeri ini.

Saat ini, bagi yang berminat memiliki bisa pesan IPhone 3G terlebih dahulu melalui situs telkomsel. Harga yang akan dikenakan belum tercantum. Seperti ditulis Budi Putra di blog cnet, yang bisa menikmati IPhone hanya pelanggan pascabayar (Kartu Hallo). Skema kepemilikan yang sama pada pelanggan BlackBerry® Telkomsel.


Menilik IPhone 3G yang memang ekskusif, sudah bisa dibayangkan kalau harga yang patok pun cukup tinggi. Saya sendiri memprediksi diatas 3 juta untuk harga perangkatnya saja. Abodemen bulannya minimal 150 ribu untuk paket minimun. Tentunya harus kontrak selama dua tahun dengan telkomsel, aturan yang diterapkan juga di negara-negara lain.

Keterikatan kontrak ini seperti kita membeli produk dengan cara dicicil. Tentunya harga lebih mahal dibandingkan dengan beli tunai. 

Estimasi diatas mungkin tak jauh berbeda jika kita melihat perbandingan dengan belahan dunia lain. Di negara asalnya, Amerika Serikat melalui AT&T, dengan harga paket paling murah, pelangan harus membayar Rp Rp 3.464.040 pada saat pertama (termasuk biaya aktifasi Rp Rp399,240, Abodemen perbulan Rp776,300 dan Rp2,288,500
untuk Handheld IPhone 3G).

Lain lagi dengan negara tetangga kita singapura disediakan oleh SingTel, jika sudah dikonversi perangkat IPhone 3G dengan paket berlangganan paling murah dijual seharga Rp 5.651.256. Untuk pelanggan baru akan dikenakan biaya aktifasi. Dan biaya belangganan Rp191,568. Total nya Rp 5.651.256.

Sedangkan di Australia, Apple berkerja sama dengan Telstra. Dalam paket paling murah, produk IPhone 3G dijual Rp2,010,753 untuk perangkat saja dan abodemen bulanan Rp288,280. Di website Telstra tidak dicantumkan biaya aktifasi.

Untuk lebih detail perbandingan harga bisa dilihat pada gambar di bawah ini. 


Seberapa besar ketertarikan anda untuk memiliki IPhone 3G? Mungkin ada pendapat yang berbeda. Saya senang mendengarkannya. 

5 komentar

  1. awankjie@y  

    setuju bro...? penilaiaan hargax

  2. Anonim  

    duh mo punya iphone aja ribet

  3. joe  

    harganya itu lho....

  4. Anonim  

    wajarlahh....device secanggih itu msa iya mau dibeli dengan harga kacang goreng???

  5. Anonim  

    Gw kirain lebih murah drpd harga BM....

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm