Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan


Blogjumping adalah terminologi yang saya modifikasi dari istilah Blogwalking. Blogwalking sendiri kurang lebih artinya menjelajahi blog demi blog, terkadang membubuhkan stempel pribadi yang bernama komentar. Berbedakah keduanya? Katakan saja serupa tapi tak sama, setidaknya ini sekali lagi ini menurut saya saja.

Ketika mengunjungi satu postingan dari blog terkadang si penulis blog dengan baik hati menempelkan link-link sumber rujukan, informasi yang lebih detail tentang topik yang dibahas dan kadang menautkannya dengan link yang mempunyai bahasan yang sama.

Hal ini baik karena kita bisa mendapatkan informasi yang beragam lagi. Tapi pernahkah kita, suatu ketika, saat membaca postingan, kita lalu melompat kehalaman web lainnya. Lalu dihalaman yang baru ini kita kembali menemukan link lagi dan kita pun melonjat lagi. Begitu seterusnya, sampai tidak terasa tab baru sudah berderet.

Malah informasi yang kita temui dinilai lebih menarik dari informasi "blog kurir" yang telah menghantarkan kita pada satu halaman tertentu. Bisa jadi juga kita tidak pernah selesai membaca postingan pertama itu. Dengan cepat kita sudah berpindah ke blog atau website lainnya. Inilah yang saya maksud dengan BLOGJUMPING.

Andaikan blog kita membahas masalah spesisik mengenai tukang pijat tuna netra yang handal, dengan blogjumping ini, kita secara tak sengaja menemukan blog sopir angkot yang merangkap tukang pijat. Blog pecinta gadget yang suka dipijat.

Seperti saya kemarin, jadi bajing loncat dan menemukan beberapa niche blog dan artikel menarik versi NavinoT. Kebetulan Blog ini masuk didalamnya.

Dari aktivitas ini kita secara tidak sengaja menemukan informasi menarik lainnya. Melihat sudut pandang orang yang beragam. Sensasinya luar biasa dan tapi membuang waktu yang cukup banyak.

Bagi yang ngeblog hanya untuk having fun, memang sudah selayaknya dilakukan. Tapi bagi yang ingin fokus disatu bidang. Blogjumping yang menyebar ke segala penjuru mata angin blog ini kurang tepat.

Agar lebih efektif dan kita tetap fokus pada jalan yang benar. Sebagian blogjumping kita, tertuju pada blog yang membahas topik yang kita senangi. Untuk menjadi Ahli dibidang tertentu, Tung Desem Waringin mengatakan Belajarlah 80% hal yang kita ingin ahli didalamnya dan 20 % lagi belajar tentang semua hal bahkan disarankan belajarlah dari orang yang kita benci sekalipun.

Apapun yang dipilih,Merujuk pada definisi di atas, manakah yang kita lakukan? Apa yang didapat dan bagaimana sensasinya? Saya senang mendengarkan pengalaman anda semua. Terima Kasih.

9 komentar

  1. Richard Fang  

    jadi inget film jumper :P

  2. volverhank  

    wkwk, blogjumping, asik juga yah,

    tapi kok jadi kayak kuda jumping yah, eh itu mah kuda lumping,hahahaha


    www.volverhank.com

  3. BudiTyas  

    Yup, istilah yang bagus untuk dpt beragam info & tambahan wawasan. Klo saya sdr punya prinsip berkebalikan, hehe. Real life jumping, utk kemudian saya tulis di blog, jd bakal sulit ngasih link sumbernya...

  4. Rommi Ariesta  

    @RFang: Sy malah ga tau film jumper.:) Ayo loncat.

    @volverhank: Maen plesetan ni, monggo..

    @BudiTyas: Saya menghargai banget perbedaan itu mas bud. Blog seperti py mas bud bisa menjadi keunikan tersendiri. Link kan bersifat opsional, ya kan??

  5. dadan  

    80% yah? hmm :D harus ada yang aku revisi nih ..
    thx remindernya

  6. joanne  

    SIP... fokus!!

  7. My_Style  

    keren juga idemu dalam blog tersebut..pantas diacungi jempol soalnya aku baru belajar masukin blog

  8. Ayu Tri  

    wah blogwalking jadi kegaitan saya sehari-hari tuh...

    * blogjumping : pemikiran yang bagus juga..hehe..

  9. Klopototolia-TJ  

    thanks mas bro, 2 jempol deh,...

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm