Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

Mereka masih muda, energik, berapi-api, semangat yang luar biasa, melihat visi jauh kedepan melewati rekan seusia bahkan para seniornya. Dulu mereka diremehkan orang, kini dianggap legenda hidup. Awalnya mereka dipandang sebelah mata, sekarang mereka memiliki pengaruh luar biasa. Sebagian sekolah pun drop out tapi tetap menjadi orang sukses. Itulah sebagian potret banyak pengusaha di bidang komputer dan internet.

Sebut saja, Mark Zuckenberg, sosok pendiri Facebook. Matt Wullenberg, tokoh dibalik wordpress, penyedia layanan blog dan blog engine yang sangat populer. Nama yang lebih dulu kondang sebagai senior mereka, sang pendiri kerajaan bisnis microsoft Bill Gates. Founder Apple Inc Steve Jobs dan Stephen Gary Wozniak yang lebih akrab dikenal Steve Wozniak. Michael Dell yang membuat komputer rakitan pertama yang menawakarkan komputer sesuai dengan spesifikasi pembeli.

Zukerberg dan Bill Gates keduanya pernah kuliah di Harvard tanpa ijazah alias drop out. Gates sempat duduk dalam fakultas hukum sedangkan zukerberg pada ilmu komputer. Tapi ada juga yang sekolah sampai jenjang doktoral macam duet pendiri Google: Larry Page dan Sergey Brein, Yahoo: David Filo dan Jerry Yang.

Mereka memulai karir diumur 20-an. Saat rekan seusia mereka lebih memilih menghabiskan waktu dengan bersenang-senang, mereka malah asyik dengan dunia mereka dibidang komputer. Tak ada pesta dengan wanita dan alkohol, yang ada menghabiskan waktu di klub komputer, seperti yang dilakoni Steve Jobs dan Steve Wozniak menjadi members Homebrew Computer Club.

Di usia yang relatif muda, visi dan pandangan mereka jauh menembus dimensi waktu. Terkadang bertindak diluar nalar dan pakem, keluar dari zona nyaman dan asyik dengan dunia mereka. 

Pepatah "Life begins at forthy" hidup dimulai pada umur 40an tidak berlaku buat mereka. Disaat banyak orang baru menikmati hidup di umur 40an ketika karir sudah mantap, kuat secara finansial, jawara teknologi ini sudah mendapatkan kekayaan di umur 20an. Zuckerberg misalnya, dinobatkan menjadi pemuda paling kaya dengan kekayaan US$ 1,5 millyar ketika berusia 24 tahun menurut majalah forbes.

Awalnya mereka tidak berniat menjadi kaya tak juga mengejar popularitas. Steve Jobs pernah berujar "Ia ingin membuat sejarah". Lain dengan Bill Gates yang memimpikan komputer bisa digunakan oleh setiap orang, ada disetiap rumah yaitu PC (Personal Komputer) yang kita kenal sekarang ini.

Sebagai penutup, bisakah kita menjawab, apa visi dan misi hidup kita? Apa yang ingin kita raih? Dan apa yang sudah anda lakukan / ketika di umur 20-an? Segara cari jawabannya dan lakukan saja. Cukup.




11 komentar

  1. Yopan Prihadi  

    Artikel yang cukup meng-inspirasi dan bisa dijadikan referensi kedepannya...
    Yap...saya setuju sekali...mereka-mereka yang sekarang menjadi orang sukses adalah mereka-mereka yang dimasa mudanya sudah punya visi dan tujuan yang jelas kedepannya.
    Menarik sekali artikelnya mas Rommi...
    Salam sukses..

  2. Jiewa  

    Umur 24-26 adalah golden age dimana seorang manusia dalam puncak produktifitas. Tapi buat yg udah diatas itu, ga ada kata terlambat sih.. Toh Colonel Sanders baru sukses saat umur 60 tahun :)

  3. Okto Silaban  

    "sedangkan zukerberg pada ilmu komputer"
    -> Bukannya Zuckerberg kuliah di Psikologi (atau Filsafat gitu). Itupun awalnya untuk mengikuti jejak ibunya (seorang Profesor bidang Psikologi). Dan dia belajar programmer otodidak. *dapet dari liputan detail di Majalah Rolling Stone

    " Tak ada pesta dengan wanita dan alkohol, yang ada menghabiskan waktu di klub komputer"
    -> Bill Gates, Paul Allen, dan Steve Ballmer di film dokumenter mereka sendiri (dgn narasi hasil wawancara dari mereka sendiri), mengaku sering juga ke tempat klub malam, minum bir, mabuk, dan nonton streaptease..

    Tapi benar, umur 20-an gini harusnya saatnya produktif..

  4. joanne  

    yup!!
    don't waste your 20s.. time's running so fast!!

  5. Fikri @ Bloggingly  

    Ya, semakin cepat semakin baik. Segera berkarya! :)

  6. Pogung177  

    Bener seperti yg mas Okto bilang, pernah juga liat Video wawancaranya kalo dia dr Physcology.

    Tapi jangan habiskan umur 20an untuk coding aja, pacaran/cari cewek juga penting untuk masa depan kita. Betul gak..?

  7. Rommi Ariesta  

    @Okto & Pogung :
    Lebih tepatnya Zuckerberg banyak kuliah di jurusan komputer dan juga di psikologi,(pls refer biografi di unofficial site: mark-zuckerberg.net. Malah di press room facebook disebutkan dia kuliah di jurasan computer science tanpa pernah disinggung ttg kuliah major psikologi: http://www.facebook.com/press/info.php?execbios.

    Kalau film yg dimaksud itu The pirates of Silicon Valley. Saya juga nonton, hanya sekali dia ke klub striptis. Selebihnya mereka diceritakan berkutat diklub comp dan koding.

    Kalau boleh tau video wawancara itu souce nya dimana? Saya belum pernah nonton. Terima kasih.


    @Yopan, Jiewa, Joane & Bloggingly: I Very Agree.
    Tak ada kata terlambat, take action now.

    Terima kasih teman-teman atas semua masukan dan komentarnya yang terus membuat saya harus kembali mengekspolari semua bahan tulisan ini.

  8. Pogung177  

    ini videonya: http://www.youtube.com/watch?v=_cEySyEnxvU

    dengarkan baik2 pada menit ke 04.22.
    Si mark dropout Havarad jurusan Psikologi, mengikuti jejak ibunya yg ber-profesi sebagai psikiater.

  9. hanum  

    WordCamp Indonesia 2010 sebentar lagi akan berlangsung pada hari Sabtu, 30 Januari bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma. Jangan lewatkan ^_^

  10. Ayu Tri  

    yang muda yang berkarya...

  11. bayu  

    semua kehendak yang kuasa,,,,,,,,

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm