Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan


Pamor BlackBerry (BB) di Indonesia kian hari kian menanjak. Pada awalnya Research In Motion (RIM) menciptakan perangkat pintar ini untuk segmen pekerja yang mempunyai mobilitas tinggi. Seiring perkembangan waktu, BB berkembang menjadi sebuah tren gaya hidup masa kini. Tidak semua orang berkesempatan menikmatinya. Bagi anda yang ingin bisa mencobanya secara gratis sepuasnya, bahkan memilikinya, bisa dengan mudah sekarang. Tau kah anda caranya?

Tak perlu berkecil hati bagi yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli BB yang harganya cukup mahal. Anda bisa mencoba hampir semua seri BB yang ada dipasaran bahkan seri terakhirnya sekalipun, BlackBerry Strom, produk BB yang berlayar sentuh pertama.

RIM berbaik hati dengan menciptakan simulator untuk tiap-tiap produk BB yang diberi nama BlackBerry ... smartphone simulator. (Titik tersebut disesuaikan dengan seri yang ada, misalnya seri Strom, simulatornya bernama BlackBerry Storm smartphone simulator.

Simulator ini dibuat sama dengan produk sesungguhnya, mulai dari bentuk, sistem operasi yang tertanam, dan aplikasi standar (default). Apa yang bisa kita lakukan? Dengan ini kita bisa bersimulasi seolah-olah sedang menggunakan produk secara nyata. Tak ada yang berbeda dengan yang aslinya.

Ketika pertama kali diinstall, kita akan dihadapkan pada serangkian konfigurasi. Mulai dari memasukkan nama pemilik, email akun, jaringan yang dipakai, koneksi internet.

Dengan simulator kita bisa menikmati beragam aplikasi, apa saja fungsi dari aplikasi tersebut, bagaimana cara menggunakannya. Tak kalah ketinggalan kita juga bisa bersimulasi membaca email dan membalas email.

Simulator juga bisa kita gunakan untuk menginstal perangkat lunak tambahan, mencoba aplikasi lainnya. Jadi seolah kita sungguh memiliki BB ini. Bagi pemilik BB tapi phobia akan rusaknya BB kesayang bisa juga menggunakan simulator ini untuk mencobanya terlebih dahulu.

Sesungguhnya BlackBerry smartphone ini bisa juga dioptimalkan bagi para pengembang aplikasi Pengembang bisa memadukan BlackBerry MDS (Mobile Data Services) Simulator dengan BlackBerry smartphone simulator dalam menguji aplikasi yang telah dibuat. 


BlackBerry MDS Simulator menawarkan simulasi untuk aplikasi yang dijalankan dengan skema klien-server, yang membutuhkan koneksi HTTP, mencoba jaringan, push email, dan aplikasi berbasis web. 

Semuanya seolah sungguhan, selamat bereksperimen dan selamat menikmati. Ternyata BlackBerry itu gratis.:)

8 komentar

  1. Wira  

    Pertamax.. hehe
    Boleh juga dicoba ini sebelum beli BB yg beneran. BTW, mas Romi ada artikel tentang produk BM? Di Jogja sedang marak BB BM asal Amerika yg dijual dengan harga miring. 2-3 jutaan dengan garansi toko. Gimana kira-kira mas?

  2. Rommi Ariesta  

    Mas Wira Premium.:)

    Memang BB BM banyak tersedia dipasar. Tapi RIM sendiri dalam rilis resminya hanya memberi sertifikasi "halal" produk mereka yang dibeli dalam paket dari operator seluler.

    Bahaya loh mas, beli yang BM. Selain merugikan kas negara, juga tidak ada jaminan kalau itu BB sungguhan. Bisa saja hanya casing nya saja yang BB tapi dalemannya barang rongsokan.

    Unfortunately, artikel utk BB BM belum tersedia di toko kami. hehehe Mungkin dilain waktu.

  3. Ono Karsono  

    @Rommi

    Trims sudah mampir. Salam kenal mas :) . BB simulatornya menarik nih :) .

  4. Rommi Ariesta  

    @ Mas Ono Karsono

    Salam kenal juga mas. BB simulator cukup menarik. Cuma ukuran filenya cukup gede seh buat saya yg koneksi internetnya merayap.:)

  5. joe  

    sama Ipod 3G kerenan yang mana ya?

  6. Rommi Ariesta  

    @Joe : Emg ada ya joe IPod 3G. Mungkin mksdnya IPhone 3G ya??? Keren itu relatif jo, bisa subjektif.

  7. Budi  

    Dengan simulator kita bisa menikmati beragam aplikasi, apa saja fungsi dari aplikasi tersebut, bagaimana cara menggunakannya. Tak kalah ketinggalan kita juga bisa bersimulasi membaca email dan membalas email.
    Bang Rommi, bagaimana cara seting untuk simulasi membaca email dan membalas email? Saya sudah coba tapi tidak bisa... terimakasih atas bantuannya

  8. Rommi Ariesta  

    @ BUDI :

    BlackBerry Simulatornya harus dipadukan dengan software BlackBerry MDS (Mobile Data Services) Simulator supaya bisa menikmati simulasi untuk jaringan. Seperti di bagian postingan saya bagian terakhirnya.

    Semoga membantu dan selamat bereksperimen. Bagi saya infornya ya mas budi.

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm