Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan


Roy Suryo berpendapat bahwa Friendster.com dan blog tidak bermanfaat. Statment itu dikemukakan olehnya pada acara Survey interaktif padamu negeri yang ditayangkan di Metrotv yang membahas tentang difungsi camphone (Camera Phone). Saya dengan sangat jelas mendengar pendapat negatif, pandangan yang sempit tentang friendster dan blog. Menurut saya, dia sah-sah saja berpendapat. Mungkin alasan yang dikemukakannya di dasarkan pada beberapa blog yang memang content beritanya tidak bisa dipertanggungjawabkan dari berbagai aspek penilaian jurnalistik. Terkadang tulisan diblog memang coretan uneg-uneg dari penulisnya saja untuk menggambarkan tentang isi hatinya. Saya sendiri berpendapat untuk jenis blog yang penggunaannya seperti ini adalah sebagai e-diary.

Bertolak belakang dari itu, tidak sedikit pula blog yang digarap dengan sangat serius. Tulisan didalamnya tidak hanya sebagai tempat menumpahkan segala kegiatan (baca: aktivitas keseharian atau curhat) tetapi juga banyak blog yang berisi opini, ide kreatif bahkan revolusioner yang dijuga diselipkan hasil riset, pendapat ahli, layaknya karya ilmiah populer di media cetak umum.

Mulai dari orang biasa dan bukan siapa-siapa hingga selebritis dan orang-orang populer negeri ini punya blog. Sebut saja wimar witoelar salah satunya dan masih banyak lagi.

Lantas apa hak dan kapasistas seorang ROY SURYO yang konon katanya pakar telematika, yang selalu menjadi nara sumber di berbagai acara untuk mendegar pandangannya tentang Multimedia dan teknologi?? Saya rasa dia tidak berhak untuk menberi penilaian yang begitu sempit. Tidak etis pula dia men-judgement friendster dan blog sebagai hal yang tidak berguna. Bolehkan seseorang karena kepakarannya (berkat media yang mengharumkan namanya), boleh dikatakan sangat menyinggung perasaan begitu banyak blogger di indonesia dan di seluruh dunia. Bukankah lebih pantas buat seorang pakar, untuk mengarahkan pengguna awam untuk menggunakan blog dengan lebih bijak lagi. Bukan melakukan hal yang tidak memberikan solusi. Menurut Prof. Komaruddin Hidayat ( 2006 : 20 ) ”Dalam ilmu sosial, tindakan demikian juga sering dinamakan pembunuhan karakter (character assassination) yang berupa fitnah”. Singkatnya ialah ROY SURYO telah melakukan character assassination kepada para blogger.

Seharusnya, pendapat sinis itu tidak digunakan secara general untuk seluruh pengguna blog. Nyata-nyata, di amerika, sekarang para penulis blog telah dianggap sebagai jurnalis. Mereka telah dibekali dengan tanda pengenal dan identitas sebagai jurnalis sehingga di beri kewenangan untuk meliput berita. Begitu mudahkah kita menjustifikasi suatu hal?

2 komentar

  1. jsofian  

    bagi saya banyak tuh manfaat ngeblog

    www.jsofian.wordpress.com

  2. Rommi Ariesta  

    Singkatnya blog memang bermanfaat.. Walaupun ada beberapa blog yang isinya tidak bisa dipertanggungjawabkan. Terlepas dari akuntabilitas isinya, manfaat yang patut untuk perlu dipertegas lagi bahwa blog mengajarkan kita untuk pandai merangkai kata menjadi kalimat yang kemudian dimengerti oleh pembaca. Lihat lah sesuatu itu dari sisi lain. Apakah memang roy suryo mempunyai otoritas untuk melakukan assessment terhadap blog. Lebih jauh lagi kita jangan terjebak untuk mengeneralisasi dari sekian banyak blog yang bertebaran diruang maya.

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm