Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan




Melanjutkan dari posting terakhir, bahwa protokol IMAP memberikan kelebihan yang tidak disediakan oleh POP. Menurut, Sze-jun Tsai, seorang Help Center Guru yang menulis di blog resmi gmail, menyatakan POP sebagai komunikasi satu arah dan IMAP merupakan komunikasi dua arah.
Apa artinya? Apabila kita menggunakan email klien dengan settingan POP maka kita hanya mengunduh email dari server gmail ke dalam komputer lokal tanpa penyelarasan dengan server. Sebagai contoh, apabila kita membaca email hasil pengunduhan di dalam email klien, maka ketika kita kembali membuka email melalui browser, email yang telah dibaca akan terlihat sebagai pesan yang belum dibaca.
Berbeda jika kita menggunakan IMAP. Semua aksi yang kita lakukan di email klien secara otomatis akan direspon dan dilakukan sinkronisasi. Ketika kita menghapus pesan, secara otomatis pesan yang ada di server gmail akan dihapus.
Masih menurut Sze-jun Tsai, IMAP menyuguhkan tiga keunggulan yang tak dimiliki POP, yakni penggunaan label, sinkronisasi perubahan dan penyesuaian ke setiap email klien atau handpone yang menggunakan akun yang sama.
Bila memutuskan memilih IMAP kita akan menghemat waktu dalam mengelola email, tidak ada tindakan yang sama untuk aksi yang sama. Pilihan ada di tangan anda.


0 komentar

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm