Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

Debut  

Rommi Ariesta Add comments



Dua bulan sudah, sekarang menjalani bulan ke-3 saya bekerja di PT. Bumi Laut Shipping Corp, General Agent dari hanjin shipping di Indonesia pada divisi operasi dan logistik sebagai staf equipment control yang bertanggung jawab melakukan proses monitoring dan updating container movement.

Kata orang, lamanya saya bekerja belum seumur jagung. Debut saya kerja di mulai disini, seperti seorang balita yang baru mulai berjalan, mesti banyak belajar dan melalui proses jatuh bangun untuk sampai pada akhirnya bisa berjalan, walaupun masih tergopoh-gopoh.

Kerja atapun bekerja bagi saya merupakan sebuah hal baru. Terlebih, untuk pertama kalinya saya memulai di industri shipping dan logistic. Sungguh baru dan dunia baru. Banyak ilmu, istilah dan arti yang baru saya temui di sini. Sulit memang terasa untuk pertama kali belajar tentang seluk beluk shipping khususnya untuk divisi operasi dan logistik, di mulai dari NOL semua.

"Dosen" utama saya di hanjin yang mengajarkan tentang konsep container movement adalah Joko. Dia yang berminggu-minggu dengan sabar mengajarkan seorang rommi, dengan batas IQ pada tataran sedang serta intelektualitas yang perlu di pertanyakan. Teori dan ilmu baru pun saya dapatkan. Saya pun menjadi - sekedar - tahu apa itu Vessel Loading, Vessel Discharging, Inbound Container Yard, Inbound Delivery, Empty, Transhipment, Repo Out, Repo In, Shipper Own Container, Outbounb fully pick up, Outbound CY, dan istilah-istilah lain yang sulit bagi saya diawal untuk dipahami. Selain joko, masih banyak "Dosen" sekaligus rekan yang setiap saat dengan senang hati menjawab ketidaktahuan saya. IVAN, ANTI, NOVITA, Ally (para karyawan hanjin yang lama". Merekalah sebagian kolega yang menjadi tempat belajar dan bertanya.

Teori tentang ilmu per-kontainer-an yang saya tahu masih belum mencapai bilangan satu . Sebab, kemarin pak aries (Manajer Operasi dan Logistik) pernah berujar langsung pada saya. "Sudah 22 tahun saya bekerja di shipping company tapi hanya 60% saja yang saya tahu", begitu ucapannya. Terus belajar adalah dua kata yang pantas buat saya.



0 komentar

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm