Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan


Interaksi dan komunikasi dengan para pengunjung (visitors) blog atau situs kita adalah esensi dari era web 2.0. Blog atau situs perusahaan yang hanya bersifat informatif dan tidak komunikatif akan di tinggalkan pengunjungnya.

Para pemilik blog, situs perusahaan atau publisher harus bisa "memotret" karakteristik para pengunjung. Kita bisa menganalisis siapa saja pengunjung blog kita, apa yang mereka cari, kapan mereka mampir, sistem operasi dan web browser apa yang di gunakan, dari kota mana mereka datang, bagaimana mereka bisa sampai di blog kita dan masih banyak lagi.

Urgensi
Perlu ditekankan bahwa untuk bisa menampilkan nilai interaksi yang lebih baik terhadap pengunjung, situs atau blog kita wajib di analisis. Pemetaan ini berguna untuk meningkatkan nilai online dari blog kita.

Ibarat dokter, orang akan mengunjungi dokter jika sakit. Kita biasanya memilih dokter tertentu yang kita percaya bisa memberikan obat yang tepat. Jika sudah merasa cocok dengan dokter "A" misalnya, bila sakit lagi kita akan berobat kembali padanya. Sama halnya dengan blog dan situs, pengunjung akan singgah untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Jika relevan, mereka akan kembali berkunjung kembali.

Ilustrasi lainnya seperti berkomunikasi secara offline, biar "lebih nyambung" dengan lawan bicara, kita harus mengetahui informasi sebanyak-banyaknya dari lawan bicara kita itu. Bagaimana cara dia berkomunikasi, apa yang menjadi ketertarikannya, topik diskusi dan informasi yang disenangi dan sebagainya.

Apa saja yang bisa diketahui?
Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan dari analisis dan diagnosis terhadap blog atau situs. Berikut hal-hal yang bisa kita dapatkan:
1. Siapa saja yang berkunjung.
2. Berapa banyak orang yang berkunjung.
3. Artikel atau informasi apa yang paling sering dikunjungi.
4. kapan waktu mereka berkunjung.
5. Berapa lama waktu kunjungan.
6. Letak geografis mereka. Termasuk alamat IP.
7. Menampilkan informasi Web Browser dan Sistem Informasi yang digunakan.
8. Darimana mereka menemukan situs kita? Mesin pencari atau link dari situs orang lain.
9. Siapa saja yang men-link dengan kita dan berapa banyak

Menarik bukan informasi yang bisa kita gali. Masih banyak lagi yang bisa kita ketahui dari proses analisis dan melihat statistik pengunjung.

Peningkatan Nilai
Dengan melakukan diagnosis situs, kita akan mengetahui tingkah laku (behavior)dan kebiasaan (habits) dari para pengunjung kita. Mendapatkan potret kinerja, posisi, kekuatan dan kelemahan blog dan situs. Dari sini kita bisa melakukan review dan evauluasi untuk aneka kepentingan.

Misalnya kita bisa melakukan segmentasi dan fokus informasi yang harus dilakukan. Memperbanyak lagi postingan tertentu yang menjadi unggulan.

Semua itu bermuara pada bagaimana kita bisa melakukan perubahan dan perbaikan untuk meningkatkan nilai bisnis.

Cara Menganlisis
Kita bisa menggunakan tools gratis yang handal untuk melakukan analisis tersebut. Dua diantaranya adalah Google Analytics dan dari FeedBurner dengan FeedBurner Stat.

Perlu tulisan terpisah untuk mengupas lebih jauh mengenai tools tersebut. Anggap saja tulisan ini sebagai pengantar. Sudahkan anda melakukan analisa terhadap situs atau blog anda?

Sumber gambar: Dashboard Site Stat Feedburner

3 komentar

  1. pratolo  

    Saya menggunakan HiStats.

  2. infini3  

    Pakai Google Analytics sudah lebih dari cukup. Informasi yang diberikan sangat lengkap

  3. Rommi Ariesta  

    To infini3 : feedburner skr juga udah jagi bagian dari google. Ini sebagai alternatif atau pun untuk kombinasi.

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm