Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

Saya yakin kekuatan blog tahun 2009 lebih dahsyat lagi dibanding tahun 2008 ini. Kekuatan di sini artinya pengaruh yang ditimbulkan dari blog. Blog di tahun mendatang, atau setidaknya di tahun-tahun berikutnya bisa menyamai opini yang di bentuk dari media mainstream. Berasalankah atau blog hanya menjadi media yang belum cukup dewasa untuk menantang keperkasaan media besar yang telah dulu lahir.

Kiranya kita bisa memprediksi bahwa di tahun 2009 nanti jumlah blog akan terus membanjiri jagat maya. Apa penyebabnya? Tak sulit, orang biasanya menjadi penasaran karena seringnya telinga mereka dihampiri kata blog. Karena penasaran orang akan memberanikan diri untuk mencoba memulai.

Sama seperti media jejaring sosial seperti friedster yang kondang di Indonesia, Facebook yang belakangan juga mulai gendut. Awalnya orang mengekor dan mulai lah dia jatuh cinta. Begitu juga blog. Bisa jadi orang selalu akan menuliskan URL blognya pada kartu nama mereka. Wow Keren.

Seiring bertambahnyanya blog, beragam informasi yang tersebar pun kian beragam. Penuh warna, penuh cerita dan penuh makna. Berita harian di tiap koran biasanya serupa tapi tak sama, artinya cuma cara penyampain beritanya dan penggunaan kata saja yang berbeda. Tiap blog menyampaikan berita yang berbeda nan terkadang dengan cara yang unik.

Fenomena perkembangan blog berjalan ke arah yang postif, seperti dikutip dari tulisan Pak Nukman Lutfie tentang pengaruh blog terhadap proses pembelian bahwa 50% pembaca blog mempercayi blog untuk mendapatkan informasi produk.

Disisi lain, mulai banyak perusahaan yang membuat blog untuk mendekatkan diri dengan pelanggannya ataupun calon pembelinya. Kompas yang sudah punya namapun akhrinya memutuskan untuk membuat blog kompasiana, yang awalnya ditulis untuk wartawannya. Saya tak tahu ide ini datangnya dari mana tapi ini tindakan cerdas. Coba pikirkan sendiri.

Seperti tak mau ketinggalan, para politisi ramai-ramai memiliki blog. Hobi atau untuk mencari suara, i don't care. Tapi mereka sadar bahwa blog bisa melambungkan namanya dan corong bagi mereka.

Cukupkah itu pertanda blog menunjukkan taringnya. Kita lihat saja.

6 komentar

  1. wawunx  

    bener banget tuch
    sekarang blog seperti gaya hidup

  2. Rommi Ariesta  

    Iya wunx blog sudah menjadi identitas

  3. Nukman Luthfie  

    Jumlah bloh di Indonesia memang akan meningkat tahun ini. Moga2 saja, pada saat yang sama, blog2 tersebut juga bisa hidup, minimal punya pengunjung yang banyak, dan bisa menciptakan pengunjung rutin

  4. Rommi Ariesta  

    Biar blog ini tidak ikut mati, moga pak nukman sering berkunjung.:D

  5. faLdy  

    memang, jumlah blog taun ini pasti akan membludag..

    tapi, kita lihat.. gimana dengan ke eksisan blog itu. heh..

  6. BUDI SUGIARTO  

    KK cara melink blog gimana ya
    bisa kasih tau gak??????????

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm