Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

sumber gambar: flicker

Internet datang dengan berjibun layanan. Kita tergoda untuk menikmati beberapa layanan yang ada itu dan menggunakannya secara simultan. Kita memiliki akun di Facebook, friendster, email dengan dua alamat yang berbeda, mengasuh beberapa blog, instant messanging, flicker, youtube, twitter, dan sederet lagi. Lalu ada kolega yang menanyakan identitas kita atau sebaliknya kita ingin memberitahu sang teman tadi. Bagaimana kita bisa memberikan semua identitas itu tanpa ada yang terlupa?

Kalau anda menyebutkannya satu persatu dan sang teman tadi mencatatnya, kembali saja anda ke zaman batu. Lempar ke tong sampah cara konvensional itu. Ada cara yang lebih efisien sekaligus kita memperkenalkan layanan apa saja yang kita miliki.

Ketika berkunjung ke maseko blog, ia menulis tentang chi.mp, penyedia layanan untuk manajemen semua identitas kita itu. chi.mp akan memberikan kita satu url menjadi http://yourname.mp. Sayangnya layanan ini masih beta dan kita harus menunggu mendapatkan beta code terlebih dahulu untuk bisa menikmatinya.

Banyak jalan menuju roma. Selain chi.mp ada beberapa provider lain yang memerikan layanan serupa. Seperti identity, claimid, myopenid, trifuna. Semua provider itu menggunakan OpenID untuk mengelola satu identitas terpusat.

OpenID adalah identitas tunggal yang bisa digunakan sebagai username untuk log in kebanyak layanan. Saat ini openid sudah digunakan oleh AOL, blogger, yahoo, flicker dan masih banyak lagi. Jadi anda bisa login ke flicker dengan menggunakan username http://namablogkerenmu.blogspot.com jika sebelumnya sudah terdaftar di blogger. Daftar lengkapnya

Layanan manajemen identitas itu tak hanya bisa menampung identitas online kita tapi identitas offline pun pisa dimasukkan, alamat kantor, rumah, sekolah didalamnya. Melalui Provider tadi, kita bisa melakukan kustomasi, informasi apa saja yang akan ditampilkan, siapa saja yang bisa melihatnya, misalkan si A bisa melihat nama email kita dan si B tidak. 

Kita hanya perlu menyebutkan url tertentu yang disediakan provider untuk menginformasikan semua identitas yang kita miliki. Misalnya http://claimid.com/rommiariesta untuk claimid dan http://identitasmu.identity.net dari identity. Lebih efisien tentunya, benar?


7 komentar

  1. Anonim  

    bikin identitas agar dikenal orang memang susah...butuh waktu dan biaya. Tapi jangan takut kalo identitas kita dikenal secara lokal tetapi efisien...is more great...

  2. Anonim  

    Punya banyak account/identitas memang kadang bikin pusing sendiri (contohnya saya sendiri). :D

  3. Anonim  

    *Mukti & Tongkonan*

    Yang penting akun kita bermanfaat buat kita, mdh2an buat org juga

  4. Anonim  

    manfaat banget nih. langsung coba

  5. Anonim  

    mantaf nich bung romi,

    ke tkp langsung nih...

    btw template kyk mas rommi dmn yak cr nya

  6. Anonim  

    Memang betul, kebanyakan username ama password kita jadi sering lupa. Langsung ke TKP :)

  7. Ayu Tri  

    nice info mas... very useful.. tq

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm