Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

Klo denger kata peniliti, ekspresi kekaguman langsung muncul. Timbul kesan mendalam, seperti, seorang yang pintar, punya pendidikan yang tinggi, pengalaman segudang, pokoknya “ke-eksklusif-an” selalu melekat pada seorang peniliti. Memang ada benarnya juga, bahwa untuk menjadi peneliti yang handal dibutuhkan pemahaman teori yang mendalam tentang variabel yang akan di teliti, metodelogi riset yang mumpuni dan berbagai faktor pendukung yang juga tak kalah pentingnya untuk menunjang kegiatan penelitian itu seperti; Duit, data-data pendukung, izin untuk bisa menyentuh objek dan segala tetek bengeknya.

Berhubung kesibukan saya sekarang sedikit banyak harus menjadi peneliti karena saya mao bikin skripsi. Skipsi ialah sebuah tugas akhir bagi calon sarjana untuk dapat meraih gelar kesarjanaannya. Dalam mengerjakan skripsi, kita mao tidak mao, sudi tidak sudi, harus melakukan penelitian terhadap variabel-variabel yang akan di teliti. Ngemenk-ngemenk, judul skipsi ane adalah “Hubungan Audit Sistem Informasi Manajemen dalam kaitanya dengan penyediaan Informasi yang bermutu bagi Karyawan di PT. Telekom Tbk. Gimana tuh bos?? Kira-kira bermanfaat gak ya hasil penelitian saya nantinya? Bisa memberikan kontribusi ga pada perkembangan ilmu pengetahuan? Kate-nya nih, dari buku yang gw baca tadi sore dengan judul “Prosedur Penelitian” oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto menyatakan bahwa “kita meneliti bukan karena agar lebih mahir meneliti, tetapi karena ingin menyumbangkan hasilnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan, meningkatkan efektivitas kerja atau mengembangkan sesuatu. (2002 : 29). Mungkin dari penelitian saya nanti belum memberikan kontribusi maksimal bagi dunia keilmuan tapi setidaknya saya akan mencoba sekuat tenaga, memeras otak, membanting tulang untuk memberikan sumbangsih bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Yaa klo sekarang belum bisa memberikan buat orang lain, paling tidak bermanfaat buat gw. J Ini bukan statment menghibur loh. Soalnya, selain pemula yang masih butuh bimbingan, miskin ilmu, miskin amal, dan miskin harta. J

Masih dari buku yang gw baca, gw mao sharing-sharing dikit ni, pokoknya dikit banget.:) ( Tujuan utamanya seh biar elmu yang barusan gw dapat ga cepet musnah dari otak gw.:P, maklum dengan IQ yang mendekati idiot). Penelitian yang itu terbagi atas 2 jenis ditinjau dari caranya, yaitu :

  1. Operation Research (Action Research).
  2. Eksperimen

Males gw nerusinnya, soalnya cuma segitu yang gw inget dan catatan: itu juga liat buku lagi.

Mudah-mudahan cuap-cuap ini bisa memompa semagat gw untuk lebih semangat dalam meneliti. Sodara-sodaraku sebangsa dan setanah air, mohon doa restunya agar dalam menjalankan penelitian ini, gw di beri kekuatan oleh kekuatan langit. Semoga ilmunya bermanfaat. Amien.

0 komentar

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm