Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

Antara beban pekerjaan dan tanggung jawab adalah dua hal yang berbeda, namun erat kaitannya. Jika keduanya diukur, mirip-mirip antara kuantitas dan kualitas. Apa maksudnya?

Beban kerja kita umpamakan sebagai jumlah (kuantitas) jobs desk yang harus di kerjakan oleh seorang pekerja. Sedangkan tanggung jawab erat kaitannya dengan eksekusi kerja dan kualitas yang dihasilkan dari rician tugas yang harus diselesaikan oleh seorang pekerja. Pekerja yang profresional, harus mampu menyelesaikan semua beban yang menjadi ditanggungnya dan bertanggung jawab pada hasil yang dia kerjakan.

Performance dan kredibilitas, bagi pekerja profesional menjadi sebuah nilai yang relatif. Asumsi dasarnya, kinerja seorang pekerja sangat dipengaruhi oleh beban yang diterima. Karena sehebat apapun orang, bila menerima beban yang berlebihan maka dia tidak akan mampu memberikan kinerja yang maksimal, manusiawi rasanya. Bila karyawan tidak mampu unjuk kerja maka salah satu nilai terburuk yang diperoleh adalah kredibilitas yang patut dipertanyakan.

Apakah saya perform dan kredibel dalam bekerja? Belum bisa terjawab sepenuhnya, namun sudah ada "petunjuk" yang menjelaskannya. Beban kerja meningkat kala rekan satu tim tidak masuk.

Lebih dari 60 hari bekerja, saya belum merasakan sepenuhnya menerima secara utuh sebuah tanggung jawab pekerjaan. Lakon saya sekarang di bumilaut shippping sebagai "updaters" bersama joko dalam satu tim. Sebagai karyawan baru, tanggung jawab saya masih dibagi rata fifty-fifty dengan joko.

Namun, senin pekan ini, 9 Juni 2008 saya akan bertanggung jawab penuh sendiri, "sorangan" dalam bahasa sundanya, karena joko akan resign dan pindah kerja ke sebuah perusahaan distributor Elpiji di kawasan Srengseng Sawah. Mulai saat itu harus mampu bekerja mandiri dan "menjinjing" tanggung jawab sendiri.

Awalnya pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang, mulai esok akan saya "nikmati" sendiri. Tak ada pilihan memang betul. Volume pekerjaan saya sekarang tidak bisa dikatakan sedikit, tapi tidak juga berlebihan. Sekarang menjadi banyak bila harus dikerjakan sendiri, ditambah lagi dengan tugas baru dari Pak Manajer untuk cross check apakah status kontainer yang sudah ID (di ambil oleh consignee/penerima cargo), Delivery Order sudah dirilis. Inipun jumlahnya tidak sedikit, kisaran 50 kontainer di waktu kemarin.

Pekan depan, saya harus bekerja lebih berdikari secara cepat dan benar. Mungkin ini jawaban tuhan atas kesombongan saya yang menginginkan tantangan yang lebih. Sekaranglah bagi saya sebagai waktu yang tepat untuk belajar arti sebuah dedikasi dan tanggung jawab dalam bekerja.

0 komentar

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm