Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan


Rilis terbaru sebuah produk biasanya menambahkan fitur-fitur baru ke dalam perangkat tersebut. Dengan adanya penambahan fasilitas baru maka didapat pengalaman mengasyikkan ketika menggunakan produk baru tersebut. Apple Inc pada awal bulan Juni ini kembali melempar perangkat komunikasi ke pasar. Berbagai fitur gress ditempelkan pada IPhone 3G, versi terbaru dari IPhone.



Setiap produk keluaran Apple memberikan sebuah nilai gengsi yang tinggi bagi pemiliknya. Kini lengkap sudah, IPhone 3G mengkombinasikan nilai prestisius sebuah perangkat dengan fitur menarik yang tertanam di dalamnya.

Tidak seperti versi pertama yang hanya dilengkapi dengan Wi-fi dan EDGE, IPhone 3G kini telah mendukung teknologi 3G yang disebut dengan HSDPA(High-Speed Downlink Packet Access) untuk akses suara dan data. Teknologi 3G tersebut akan memberikan kecepatan 2x lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan teknologi 2G ketika mengunduh data dari internet. Selain itu, secara otomatis IPhone 3G melakukan perubahan dalam menggunakan EDGE, 3G atau Wi-Fi 3G yang paling cepat dalam akses.

Bagi para profesional, IPhone memungkinkan bekerja secara mobile dengan adanya dukungan Microsoft Exchange ActiveSync. Para pekerja dapat mengkases intranet perusahaan dan sinkironisasi email korporat, Kalender dan buku telpon kedalam iPhone 3G. Tak perlu pula khawatir dengan masalah keamanan karena IPhone 3G telah dilengkapi dengan Cisco IPSec VPN dan akses wireless dengan enkripsi WPA2 serta sistem 802.1X untuk autentifikasi.

Selain itu, pada IPhone 3G telah dilengka
pi dengan GPS. Anda bisa melihat peta, menemukan lokasi anda sekarang dan melihat trafik lalu lintas secara real time. Paling menarik pada GPS ini, anda pun bisa menemukan lokasi tertentu dengan mengetikkan kata kunci. Misalnya, cukup memasukkan kata kunci "Steak", IPhone akan menunjukkan cafe terdekat yang menjual Steak. Menarik bukan??

Ada juga yang dinamakan The App Store yang bisa diakses secara on-line yang menyediakan beragam program asli IPhone 3G dari berbagai kategori, pendidikan, hiburan, games, bisnis, dan bermacam kategori lainnya. Kita bisa melakukan pembelian di mana pun kita berada.

IPhone 3G pun kini bisa melakukan proses multi-tasking. Artinya kita bisa Browsing internet, akses email, mendengarkan musik, dan melihat peta secara simultan saat melakukan panggilan telepon.

Para arsitek Apple telah merancang IPhone 3G dengan sangat baik. Masa
lah daya tahan baterai tak usah diragukan, panggilan telepon hingga 10 jam menggunakan teknologi 2G dan 5 jam menggunakan teknologi 3G. Waktu yang disediakan untuk akses internet 5 hingga 6 jam, memutar video 7 jam dan mampu bertahan 24 jam saat mendengarkan musik. Sungguh luar biasa dari segi Power Management.

Puaskah anda?? Jangan buru-buru merasa cukup, IPhone 3G memberikan keuntungan lain bagi para penggunanya dengan aplikasi yang dinamakan MobilMe. MobilMe merupakan sebuah aplikasi elegan berbasis web yang beralamat di me.com* yang menyimpan email, kalendar dan kontak di sebuah server on-line. Mungkin anda mempunyai berbagai perangkat jebolan Apple. Ketika anda melakukan perubahan pada kontak dengan menggunakan MacBook misalnya maka secara otomatis MobilMe akan melakukan sinkronisasi agar staying up to date pada perangkat lainnya.

Kali ini Apple membandrol IPhone dengan harga terbilang murah dengan fitur berkelas. Cukup $ 199 untuk kapasitas 8 Giga atau tak mencapai 2 juta jika dirupiahkan anda sudah bisa mengenggam IPhone 3G. Bagi yang membutuhkan memori yang lebih besar, IPhone 3G pun tersedia dengan model 16 Giga seharga $ 299. Jika tak ada perubahan, IPhone 3G belum akan tersedia di pasar Indonesia sampai akhir tahun ini.

* me.com pada saat artikel ini ditulis belum bisa diakses. Anda akan di-direct ke URL Apple MobileMe
Sumber gambar: situs Apple Inc
Referensi : http://www.apple.com/iphone
http://www.apple.com/pr/library/2008/06/09iphone.html

0 komentar

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm