Rommi Ariesta | AiTi and Blog

Berbagi tentang Teknologi Informasi untuk kehidupan yang lebih menyenangkan

Sejarah membuktikan, multiplikasi intenet telah mengantarkan obama dengan mulus untuk menjadi presiden ke-44 Amerika Serikat. Apa yang dilakukan obama bukanlah sesuatu yang yang luar biasa, ia hanya memaksimalkan jejaring sosial untuk membangun komunitas yang loyal.


Mr. Presiden USA ini hanya mengoptimalkan perkembangan internet dan teknologi untuk meningkatkan pamornya. Apa jadinya jika obama tak melek internet atau gaptek? Mungkin saja sang pesaing, McCain yang akan menang.

Obama dan tim suksesnya sadar betul dengan karakteristik rakyat amerika, dimana banyak penduduk amerika yang memanfaatkan internet dalam sendi kehidupannya. Disini lah kejelian obama untuk ikut ambil bagian.

Kita tahu, fenomena web 2.0 telah merubah lanskap informasi menjadi dua arah. Obama larut dalam membangun relasi dengan membuat mybarackobama.com. Dia juga punya akun di facebook, situs pertemanan yang kondang di amerika. Para pendukung dan calon pendukung bisa berinteraksi langsung dengannya.

Dari sana obama tak hanya mencari suara tapi juga dia mencari dana untuk mendukung kegiatan kampanye yang menyedot ratusan juta dolar. Tak tanggung-tanggung, obama mengumpulkan lebih dari US 600 juta dari donasi "tradisional" dan dari dunia maya itu. Sebuah nilai yang fantastis.

Jika di televisi obama hanya mengeluarkan biaya iklan, dari internet dan media jejaring sosial ini dia tak hanya meng"iklan"kan diri tapi juga mengumpulkan dolar. Sesuatu yang tak bisa didapat dari media konvensional.

Tapi kita jangan lupa pula, McCain juga memanfaatkan internet untuk bersosialisasi. Bekas "Rambo" sungguhan ini pun menggunakan internet - situs web dan jejaring sosial - untuk menjaring dukungan. Tapi hasilnya tak sehebat Obama. Bertandem dengan sarah palin, ia juga mengeruk dolar dari internet. Menerima donasi dari simpatisannya.

Namun hasil yang didapat sungguh-sungguh jauh berbeda dari obama. Apakah ada yang salah? tidak ada yang salah, hanya saja McCain kurang memaksimalkan intenet. Padahal Ia lebih dulu mempunyai situs di bandingkan obama.

Kemengan obama ini tak hanya karena mengandalkan internet. Medium internet yang dipakai obama untuk berkampanye hanyalah salah satu aspek yang ikut mendongkrak perolehan suara obama. Tak mungkin obama menang hanya karena internet, tapi juga tak mungkin obama bisa menang tanpa internet, dimana memberikan kontribusi yang cukup besar.

Inilah yang menjadi kelebihan obama mampu memanfaatkan teknologi untuk kepentingan dirinya. Kita pun bisa menguntit jejak obama, memanfaatkan dunia digital dalam meningkatkan
hasil pada bidang yang kita geluti. Congratulation Mr. Obama, good luck Mr. President.



0 komentar

Posting Komentar

Internet Sehat Blog Award '09

Internet Sehat

Berlangganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Categories

Archives

Recent Posts

Recent Comments

NavinoT

NavinoT
Another Technology Paradigm